Peresmian dan Webinar ISPG Norway 2018 – 2019

6 Oktober 2018 merupakan tanggal bersejarah bagi Indonesian Society of Petroleum Geologists (ISPG) dimana diresmikannya ISPG Norway, setelah sebelumnya dilakukan pendataan anggota pada Agustus 2018. Selama periode Agustus 2018 – Agustus 2019, ISPG Norway dikoordinatori oleh Dicky Harishidayat – Mahasiswa S3 Petroleum Geoscience di Norges Teknisk Naturvitenskapelige Universitet (NTNU Trondheim). Pada kepengurusan periode ini, ISPG Norway memiliki kegiatan utama yaitu melakukan sharing webinar setiap triwulan.

Norway sebagai salah satu negara penghasil minyak dan gas terbesar di dunia tentunya memiliki berbagai keunggulan, baik dari segi teknologi maupun kasus – kasus petroleum geology-nya. Hal tersebut sudah seharusnya bisa dimanfaatkan agar bisa diterapkan di dunia petroleum geology Indonesia. Kemudian, keberadaan praktisi dan
akademisi petroleum geoscience Indonesia di Norway pada akhirnya memiliki peran penting untuk menjembatani pemanfaatan keunggulan tersebut. Untuk periode Agustus 2018 – Agustus 2019, tercatat 14 praktisi maupun akademisi petroleum geoscience Indonesia di Norway.

Gambar 1. Flyer webinar pertama ISPG Norway.

Acara webinar pertama ISPG Norway ini juga diisi dengan sharing session yang disampaikan oleh Einstein S.A Siregar ST. MSc. – Research Assistant di NTNU Trondheim yang memaparkan tentang “3D seismic imaging of conduits and radial faults associated with hydrothermal vent complexes, offshore Norway” (Gambar 1).

Gambar 2. Suasana webinar di salah satu ruangan di Department of Geoscience and Petroleum – NTNU Trondheim.

Jumlah peserta pada webinar pertama ini adalah 25 peserta, tersebar dari praktisi maupun akademisi ISPG seluruh dunia. Sesi pertama sharing sesion diisi dengan technical presentation yang berlangsung sekitar 30 menit yang kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua yaitu tanya – jawab (Gambar 2). Acara webinar berlangsung meriah dan apreasiasi datang dari beberapa peserta webinar atas berdirinya ISPG Norway. Harapannya, ISPG Norway bisa terus mengadakan kegiatan – kegiatan yang bermanfaat bagi dunia petroleum geoscience di Indonesia.

Webinar kedua yang dilaksanakan pada November 2018 terasa sangat spesial karena ISPG Norway memperoleh banyak permintaan untuk menyelenggarakan webinar tentang program Pendidikan S2 Petroleum Geoscience di Norway. Puji syukur ISPG Norway memiliki perwakilan dari tiap Universitas yang memiliki program S2 Petroleum Geoscience di Norway. Selain itu, beberapa program beasiswa untuk program ini juga disampaikan oleh perwakilan ISPG Norway penerima beasiswa – beasiswa untuk program S2 Petroleum Geoscience. Webinar kali ini juga dihadiri oleh perwakilan PPI Norway (Gambar 3) yang informasi nya juga sangat dibutuhkan terkait program pendidikan S2 di Norway pada umumnya.

Gambar 3. Perwakilan PPI Norway bersama salah seorang pembicara webinar di salah satu ruangan di Department of Geoscience and Petroleum – NTNU Trondheim.

Pembicara webinar kali ini terdiri dari (Gambar 4):

  • Dicky Harishidayat; Perwakilan NTNU Trondheim dan Beasiswa SEAPEX
  • Ragil Destriawan Prasetyo; Perwakilan NTNU Trondheim
  • Wibi Aulia Harsum; Perwakilan University of Oslo
  • Amando Lasabuda; Perwakilan University of Bergen
  • Farah Wahyuni; Perwakilan University of Stavanger

Gambar 4. Flyer webinar kedua ISPG Norway

Jumlah peserta pada webinar kali ini mencapai 56 peserta yang terdiri dari mahasiswa/i, praktisi dan akademisi yang tidak hanya berlatar belakang geologi, tapi juga geofisika dan fisika dari seluruh insan ISPG di seluruh dunia. Berhubung animo peserta yang cukup antusias, panitia webinar membuka sesi tanya jawab beberapa hari sebelum acara webinar dilaksanakan untuk mengantisipasi keterbasan waktu saat pelaksaan webinar. Total, ada 11 penanya dengan berbagai pertanyaan nya seputar Pendidikan S2 Petroleum Geoscience di Norway.

Webinar kali ini diawali dengan sesi “pembukaan & overview” yang berisi tentang penjelasan “Why study in Norway” (Kenapa tidak ke UK atau USA). Kemudian juga disampaikan gambaran umum tentang pendidikan S2 di Norway serta Universitas – universitas di Norway yang memiliki program S2 Petroleum Geoscience.

Kemudian pada sesi selanjutnya dijelaskan tentang Program S2 Petroleum Geoscience di masing-masing Universitas yang pada umumnya terdiri dari:

  • Gambaran umum universitas
  • Proses pendaftaran
  • Keunggulan program studi
  • Keunggulan riset grup dan professor

Sesi terakhir adalah penjelasan tentang program beasiswa yang bisa digunakan untuk membiayai program S2 Petroleum Geoscience di Norway, yang terdiri dari:

  • Persyaratan
  • Tahapan aplikasi
  • Komponen yang ditanggung oleh beasiswa

Rekaman dari webinar ini bisa disaksikan melalui Youtube channel ISPG: https://bit.ly/2E4Tx1D.

Webinar ISPG Norway untuk triwulan pertama di tahun 2019 ini dilaksanakan pada Maret 2019 dan diisi oleh Rizky Amanda Syahrul, seorang Senior Exploration Geologist di EQUINOR yang juga merupakan lulusan dari program S2 Petroleum Geoscience di University of Stavanger. Tema yang dibawakan pada webinar kali ini adalah tentang “Introduction to decision analysis in hydrocarbon exploration” (Gambar 5). Webinar diawali dengan presentasi tentang betapa pentingnya pengambilan keputusan dalam proses eksplorasi minyak dan gas bumi yang didasarkan pada analisa-analisa ilmiah.  Sesi berikutnya diisi oleh diskusi dan tanya-jawab yang cukup menarik karena banyak menggunakan real study case dari pihak pembicara maupun penanya.

Gambar 5. Flyer webinar ketiga ISPG Norway

Jumlah peserta webinar kali ini sebanyak 20 peserta yang terdiri dari geologist dan geophysicists ISPG di seluruh dunia.

Rekaman dari webinar ini bisa disaksikan melalui Youtube channel ISPG: https://bit.ly/2E4Tx1D.

 

 

Norway, Mei 2019

Koordinator ISPG Norway 2018 – 2019

 

Dicky Harishidayat

N.P.A. IAGI: 3730