Summary of Courtesy Visit to Pertamina University, 26 Jan 2017

Pada Kamis, 26 Januari 2017, Indonesian Society of Petroleum Geologists (ISPG) mengadakan audiensi di Universitas Pertamina. Audiensi ini dimaksudkan untuk menjalin kerja sama dalam pelaksanaan salah satu agenda Divisi Riset and Development ISPG, yaitu kegiatan Forum Riset ISPG. Forum Riset ISPG merupakan konferensi ilmiah yang diselenggarakan untuk menambah ruang akomodasi bagi para pegiat riset baik dari kalangan akademisi yaitu mahasiswa dan dosen, lembaga-lembaga riset, dan juga para profesional industri migas. Dalam audiensi ini, ISPG diwakili oleh Presiden ISPG Julianta Parlindungan Panjaitan, dan Ketua Panitia Forum Riset ISPG Ghufron Fauzi. Audiensi diselenggarakan di ruang rektorat dan dihadiri oleh Rektor Universitas Pertamina, Prof. Akhmaloka, PhD, Koordinator Prodi Geofisika Muhammad Husni Mubarak Lubis, MS, dan Ketua Jurusan Teknik Geologi Epo Prasetya Kusumah, M.Sc. Pada saat melakukan kunjungan, ketua Panitia Forum Riset Ghufron Fauzi menyampaikan bahwasanya topik yang diangkat merupakan isu terkini di dunia migas yang merupakan tantangan bagi dunia geoscience migas untuk meningkatkan Eksplorasi guna menemukan cadangan baru. Beberapa topik utama yang akan dibahas berupa akuisisi seismic dan seismic processing, seismic interpretasi, pendekatan geokimia maupun metode nonseismik lainnya yang digunakan untuk melakukan evaluasi suatu cekungan. Diharapkan melalui Forum Riset akan muncul gagasan-gagasan, metode-metode, perkembangan-perkembangan teknologi pemetaan bawah permukaan yang dapat menunjang tujuan penemuan cadangan migas yang baru. Forum Riset ISPG diselenggarakan atas dukungan dari IAGI, dan untuk penyelenggaraan yang pertama ini dilakukan sekaligus sebagai rangkaian dari perayaan HUT IAGI yang ke-57. Forum Riset akan diselenggarakan pada 8 April 2017. Paper-paper yang dipresentasikan selanjutnya akan direview oleh IJOG sehingga memberikan nilai tambah tersendiri bagi kemajuan riset di Indonesia. Diharapkan semua paper bisa lolos seleksi dan layak terbit di Jurnal Geologi Nasional yang bertaraf Internasional ini.

Dalam audiensi tersebut Universitas Pertamina memberikan sambutan yang baik dan mendukung sepenuhnya rangkaian agenda Forum Riset ISPG. Dukungan dan sambutan ini disampaikan oleh Rektor Universitas Pertamina, karena bagaimanapun kegiatan riset dan pengembangan keilmuan adalah salah satu tolak ukur bagi lembaga pendidikan, sehingga secara langsung maupun tidak langsung kegiatan ini sejalan dengan visi misi universitas. Untuk selanjutnya, kerjasama akan dilakukan antara pihak Universitas Pertamina dan ISPG-IAGI. Adapun rencana kerjasama berikutnya akan diselenggarakan koordinasi lebih detail bersama Wakil Rektor III Bidang Riset, Pengembangan dan Kerjasama. Secara teknis, dalam pelaksanaanya Forum Riset ISPG juga akan melibatkan himpunan mahasiswa Universitas Pertamina khususnya di lingkungan Teknik Geologi dan Teknik Geofisika.

 

ISPG Team

Ghufron Fauzi

Julianta

  • Alibaba Alibabi

    Harga Emas Hari Ini Dalam audiensi tersebut Universitas Pertamina memberikan sambutan yang baik dan mendukung sepenuhnya rangkaian agenda Forum Riset ISPG. Dukungan dan sambutan ini disampaikan oleh Rektor Universitas Pertamina, karena bagaimanapun kegiatan riset dan pengembangan keilmuan adalah salah satu tolak ukur bagi lembaga pendidikan, sehingga secara langsung maupun tidak langsung kegiatan ini sejalan dengan visi misi universitas. Untuk selanjutnya, kerjasama akan dilakukan antara pihak Universitas Pertamina dan ISPG-IAGI. Adapun rencana kerjasama berikutnya akan diselenggarakan koordinasi lebih detail bersama Wakil Rektor III Bidang Riset, Pengembangan dan Kerjasama. Secara teknis, dalam pelaksanaanya Forum Riset ISPG juga akan melibatkan himpunan mahasiswa Universitas Pertamina khususnya di lingkungan Teknik Geologi dan Teknik Geofisika.